Rapat dan Contohnya
ü Cara Menyampaikan
Pendapat dalam Rapat
1. Sampaikan pendapat
dengan kata yang sopan.
2. Jika lagi ada yang
berbicara jangan memotong pembicaraan.
3. Lakukan utarakan
pendapat dengan dasar hati nurani dan juga akal yang sehat.
4. Berani bertanggung
jawab mengenai pendapat yang di utarakan.
5. Utamakan kepentikan
bersama jika mengutarakan pendapat.
6. Jangan suka
memberikan pendapat yang selalu berlawanan.
7. Bisa menerima hasil
keputusan dengan bersama.
8. Bisa menerima saran
yang di berikan oleh rekan anda.
9. Yang terakhir
memiliki besar hati mau menerima.
ü Cara Memimpin Sebuah
Rapat
1. Umumkan Jadwal Rapat
Umumkan kepada
semua peserta rapat bahwa Anda akan mengadakan rapat untuk membahas suatu
persoalan, minimal seminggu sebelumnya. Dengan demikian semua peserta dapat
melakukan persiapan dengan maksimal.
2. Biasakan Untuk
Terorganisir atau Bergerak Cepat
Buat agenda rapat beserta dengan
seluruh bahasan yang akan dibicarakan. Mulai dan akhiri rapat tepat waktu
sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
3. Serius
Jika memang ada
persoalan penting yang harus didiskusikan maka jangan mencari-cari alasan untuk
segera menyudahi rapat. Jangan hanya karena Anda tidak percaya diri atau ingin
cepat-cepat pulang Anda malah mempersingkat rapat yang belum selesai.
4. Percaya Diri
Ucapkan terima kasih
kepada semua peserta rapat yang datang, sampaikan berapa lama rapat akan
berlangsung dan apa saja tujuan rapat. Mulai rapat dengan percaya diri saat
menyampaikan salam.
5. Produktif
Tidak hanya Anda
sebagai pemimpin, pastikan Anda meminta kepada seluruh peserta rapat untuk
produktif selama rapat berjalan. Minta pendapat dari peserta rapat yang
terlibat baik pro maupun kontra. Hal ini akan mendorong semua peserta menjadi
lebih fokus dan rapat berujung pada hasil yang memuaskan.
6. Fokus
Sebagai pemimpin rapat,
Anda berhak mendapat perhatian semua peserta. Jika ada orang-orang yang tidak
fokus maka Anda berhak menegur dengan mengatakan, “Waktu kita terbatas, mari
fokus bersama-sama.”
Kemudian, jika ada dua
atau tiga peserta yang memerlukan waktu lebih banyak untuk membahas sesuatu
yang belum tentu berhubungan dengan peserta rapat lain, maka sebaiknya
dijadwalkan rapat selanjutnya.
7. Adil
Walaupun bersikap
produktif adalah hal positif dalam rapat, peserta yang terlalu banyak bicara
sehingga tak memberikan kesempatan orang lain untuk bicara bukan merupakan hal
yang baik dalam rapat.
Minta kepada orang
tersebut untuk secara pribadi menyampaikan pendapatnya langsung kepada Anda
setelah rapat selesai. Pasalnya, sikap seperti itu tidak adil bagi peserta lain
yang belum berkesempatan menyampaikan pendapat mereka.
8. Inklusif
Memperhatikan dan
melibatkan semua orang dalam percakapan, baik sebelum dan selama rapat
berlangsung.
Jika ada peserta rapat
yang tidak Anda kenal, maka perkenalkan terlebih dulu diri Anda dan tanyakan
peran mereka di perusahaan ketika rapat dimulai.
9. Catat Semua Hal Penting
Tugaskan satu orang
menjadi notulen rapat untuk mencatat semua hal penting yang telah dibicarakan
selama rapat berlangsung.
10. Buat Kesimpulan
Buat satu kesimpulan
besar atau keputusan akhir mengenai langkah selanjutnya yang harus dilakukan.
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas waktu dan
kontribusi mereka.
ü Hal yang Harus
Dipersiapkan Sebelum Rapat
1. Persiapkan Materi yang Akan
Dibahas
Sebelum menghadiri rapat di kantor atau bersama klien, pastikan Anda
mempersiapkan segala sesuatu yang dapat memberikan kontribusi pada pertemuan
tersebut. Cari tahu apa yang menjadi topik yang akan dibahas ketika rapat. Jika
perlu, lakukanlah pengamatan dan pelajari bahan tersebut. Catat pula beberapa
pertanyaan yang dapat didiskusikan.
2. Memperluas Jaringan
Keuntungan dari
menghadiri meeting adalah memberikan Anda peluang untuk berbaur dengan orang
baru dalam perusahaan Anda. Ambil kesempatan ini untuk memperluas jaringan
sosial Anda dengan sebuah percakapan ringan, misalnya cerita tentang pengalaman
kerja atau lainnya. Selain menambah teman, Anda juga akan memiliki banyak
koneksi yang siapa tahu akan membantu memajukan karir Anda nantinya.
3. Jadilah Menonjol
Jangan ragu untuk
berpartisipasi atau mengajukan pertanyaan ketika rapat berlangsung. Mintalah
pembicara untuk memperjelas atau menguraikan poin-poin yang kurang Anda pahami.
Dengan begitu, rekan-rekan kerja Anda akan menyadari bahwa Anda memperhatikan
dan berpikir kritis tentang topik yang dibahas.
4. Menjadi Pendengar yang Baik
Ketika rapat
berlangsung berjam-jam, beberapa orang akan mulai berkurang perhatiannya,
mereka mulai melirik ponsel mereka, menguap, bahkan berdiskusi dengan rekan
sebelahnya. Hanya sedikit yang bisa tetap fokus sampai akhir pertemuan. Untuk
itu akan lebih menarik jika Anda menjadi pendengar yang baik dengan membuat
kontak mata secara langsung dengan pembicara, mengangguk atau tersenyum.
Memberikan pertanyaan ketika sesi tanya jawab dibuka juga bisa dilakukan.
5. Gunakan Waktu dengan Cermat
Terkadang rapat yang
terlalu lama hanya terkesan seperti membuang-buang waktu, apalagi ketika tidak
mendapatkan informasi penting dalam pertemuan tersebut. Jika hal itu terjadi,
cobalah untuk merekap ulang apa yang Anda tulis ketika rapat berlangsung. Cari
tahu juga apa kekurangannya dan apa saja yang bisa Anda lakukan. Buatlah daftar
kegiatan yang bisa dikerjakan setelahnya, atau buat tujuan jangka pendek Anda
sendiri untuk minggu ini.
Daftar Referensi
Komentar
Posting Komentar