PERKEMBANGAN MASALAH WIRAUSAHA KECIL


UKM adalah singkatan dari usaha kecil dan menengah. Ukm adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara indonesia ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Ukm ini juga sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat ukm juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu ukm juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Ukm ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar. Terdapat dua aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut.
Untuk meningkatkan daya saing UMKM diperlukan langkah bersama untuk mengangkat kemampuan teknologi dan daya inovasinnya. Dalam hal ini inovasi berarti sesuatu yang baru bagi si penerima yaitu komunitas UMKM yang bersangkutan. Kemajuan ekonomi terkait dengan tingkat perkembangan yang berarti tahap penguasaan teknologi. Peningkatan produktivitas pada UMKM, akan berdampak luas pada perbaikan kesejahteraan rakyat karena UMKM adalah tempat dimana banyak orang menggantungkan sumber kehidupannya. Salah satu alternatif dalam meningkatkan produktivitas UMKM adalah dengan melakukan modernisasi sistem usaha dan perangkat kebijakannya yang sistemik sehingga akan memberikan dampak yang lebih luas lagi dalam meningkatkan daya saing daerah.
Kemajuan Internet dan terbentuknya komunitas-komunitas wirausaha turut memberikan dampak pada perkembangan kewirausahaan di Indonesia. Komunitas seperti Tangan di Atas (TDA), Indonesia Young Entrepreneur (IYE), atau komunitas yang terbentuk dari Forum Internet seperti Kaskus Entrepreneur Corner (EC) serta komunitas wirausaha dengan industri spesifik misalkan Forum Web Anak Bandung (FOWAB) yang merupakan wadah kumpul-kumpul pelaku IT.
Peran media dan lembaga-lembaga terkait pun tak kalah penting. Kerjasama media dalam kegiatan-kegiatan penghargaan, ekspo, pameran bagi wirausaha membuat topik ini menjadi selalu hangat sepanjang tahun. Perusahaan Konsultan Manajemen sekelas Earns & Young (EY) misalnya setiap tahun selalu memberikan penghargaan EY Entrepreneurs of The Year kepada wirausaha yang dinilai berhasil dalam bidangnya. Ditambah lagi dengan beragam penghargaan lain yang diberikan baik oleh pemerintah secara langsung memberikan daya ungkit yang terus mengangkat kemajuan kewirausahaan di Indonesia.
Berbicara mengenai wirausaha, tidak sedikit orang yang pesimis. Terlalu banyak berpikir ini-itu dan menimbang untuk memulai berwirausaha. Takut gagal, takut rugi, takut resikonya. Kebanyakan dari mereka pula beralasan tidak punya modal atau kekurangan modal. Padahal untuk mulai berwirausaha tidak perlu modal besar. Disini pola pikir kreatif berperan besar.
Berimajinasilah, ide-ide datang tanpa sengaja dan tanpa diduga-duga dari baca-baca buku ataupun mengamati sekeliling. Kita dapat menggunakan prinsip yang sudah banyak orang ketahui yakni A T M ( Amati, Tiru, Modifikasi ), atau bisa juga ikut franchise atau waralaba. Beranilah untuk bertindak, menjadi individu yang berbeda, menerima segala resiko, berani untuk “Jatuh Bangun” dan berani untuk berkorban.

Belajarlah dari kisah inspiratif para pengusaha sukses, dimana pada awal mereka merintis usahanya, tantangan dan rintangan adalah makanan sehari-hari yang mereka hadapi. Namun, berkat usaha dan sikap pantang menyerah yang ada pada diri mereka, mereka mampu mengubah paradigma “Aku Gagal” menjadi “Aku Mampu”. Hal yang perlu kita sadari juga bahwa 90% lebih orang sukses di dunia adalah mereka dari kalangan pengusaha dan sisanya adalah mereka dari kalangan pekerja/profesi.

Sumber:
https://applelovestory.wordpress.com/pengembangan-usaha-kecil-menengah-ukm/
https://stieekuitas.wordpress.com/2013/07/15/perkembangan-kewirausahaan-di-indonesia/
http://www.industrialtimes.net/2016/02/opini-mengapa-harus-wirausaha.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUANG LINGKUP PERBANKAN

PERSUASI DAN NEGOSIASI

KOMUNIKASI BISNIS